Sahibul Bait

CATATAN:
Berikut ini adalah INTRODUKSI awal yang ditulis oleh para SAHIBUL BAIT pada 25 Maret 2007, atau sekitar 13 tahun yang lalu. 


Tidak seperti julukan yang diberikan orang kepada Eyang Buyut kami, sambil berkelakar, saudara-saudara saya suka menjuluki saya sebagai Kiyai Jarkoni yang diadopi dari singkatan kata dalam bahasa jawa; yaitu UJAR dan NGELAKONI. Dua kata yang sesungguhnya memiliki arti lumayan "krusial" dalam memaknai secara benar hakikat antara menyampaikan ajaran-ajaran yang baik dengan melaksanakan ajaran itu sendiri.

Artinya, adakalanya saya sendiripun tidak mampu melaksanakan apa-apa yang saya sampaikan sebagai petitah-petitih, khususnya kepada saudara-saudara saya, sebaik dan sesempurna seperti apa yang saya ucapkan. Tetapi memang begitulah fitrah manusia.

Dan kesadaran ini terus mendorong saya untuk tetap belajar sekaligus berusaha pula untuk berbuat sesuatu yang baik meskipun hanya kecil-kecil saja, dengan harapan agar suatu hari kelak, semoga saja makna "Jarkoni" yang secara bercanda mereka nisbatkan pada diri saya itu menjadi lebih pantas untuk saya sandang yang tidak hanya pandai berujar akan tetapi mudah-mudahan pandai pula melakoni.

Di antara sekian usaha yang baik-baik itu, blog ini adalah salahsatunya.
Semoga situs sederhana yang sangat saya sukai ini dapat menjadi salahsatu media kita bersama menuju kehidupan dunia dan akhirat yang sepenuhnya diridhoi oleh Allah SWT.

Amin, Ya, Rabbal Alamiin.



Saya duduk di sini hanya sekedar ikut dan mematuhi apa yang dikatakan oleh saudara yang lebih tua saja. Meski semasa kecil masing-masing kami belajar kepada guru yang berbeda, namun pada dasarnya guru kami yang utama adalah satu; yakni ayahanda kami tercinta. Karenanya, saya merasa senang bisa berbagi - sambil terus menimba - ilmu Islam bersama saudara-saudara saya dan para pembaca lainnya di sini.

Untuk itu, bila ada tulisan-tulisan kami, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri, demikian pula bila ada tulisan-tulisan dari sumber lain yang kemudian kami terbitkan di sini dirasa salah, mohon agar sebelumnya kami dimaafkan untuk selanjutnya berkenanlah kiranya segera memberikan koreksi.

Semoga Madrasah ini dapat memberi manfaat dan faedah yang kekal bagi kita semua.
Wasalam.



Saya hanya pembantu yang ditugasi untuk beres-beres dan memelihara blog ini supaya sebisa-bisanya tetap up-date. Saya suka tugas ini karena dengan begitu boleh sekalian belajar tentang banyak hal mengenai aqidah dari berbagai sumber dan orang-orang yang tentunya lebih faham, tentang segala sesuatu mengenai ajaran agama Islam.

Sejak kecil sampai hari ini saya baru belajar - dan masih terbatas - pada usaha mendalami arti dan makna yang tersirat maupun tersurat dari lafadz Basmallah saja. Dan setelah lebih dari 50 tahun lamanya, tetap saja harus saya akui dengan sejujur-jujurnya bahwa hanya untuk satu baris kalimat itu saja, sampai detik inipun rasanya saya masih sangat jauh dari khattam!

Semoga interaksi blog ini dengan pembaca dapat membantu saya lebih memahami apa yang belum pernah maupun yang sempat saya pelajari bersama saudara-saudara saya semasa bocah dulu di rumah, di surau, di langgar, di madrasah, maupun di mesjid.
Semoga!
Amin.






Posting Komentar

6 Komentar

  1. Anonim mengatakan...

    Assalamu'alaikum.. wahh Alhamdulillah..ternyata abang-abang kita tuh ya niatnya tulus banget .. sharing ilmu pastinya belajar juga ya.. InsyaAllah Blog-nya tetap indah dan bermanfaat, seindah niat abang-abang...dan bermanfaat dunia akhirat ..amiin..

    Bu Guru numpang singgah :D

    BalasHapus
  2. Sholawat dan salam untuk Muhammad Rosulullah dan keluarganya.

    Salut atas upayanya berbagi ilmu dan informasi. Semoga diridhoi Allah

    BalasHapus
  3. Terima kasih saudaraku Anonim.
    Semoga salawat akhi untuk junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW diijabah oleh Allah Yang Maha Mengetahui. Demikian pula hendaknya dengan doa akhi bagi kami. Sebaliknya, doa yang sama juga kami panjatkan kepada Allah SWT untuk kesejahteraan akhi dan keluarga. Semoga kita semua mendapat hidayah sehingga dapat memetik walau sedikit hikmah dari setiap pelajaran yang disampaikan Allah SWT melalui Al-Qur'an dan sunnah Rasulullah SAW. Amin.

    BalasHapus
  4. gantengnya Ayah2ku dan terus berdakwah di jalan-Nya ... karena mencintai agama Allah, Allah pasti akan mencintai kita .... Jazakumullahu Khoiron Jaza ....

    BalasHapus
  5. Untuk wilayah Balikpapan menurut sampean saya belajar dengan siapa secara jahir dan bathin

    BalasHapus
  6. Untuk wilayah Balikpapan menurut sampean saya belajar dengan siapa secara jahir dan bathin

    BalasHapus